Senin, 10 Januari 2011

10 Kunci menjadi salesman yang sukses

Wacana ini saya dapatkan dari forum T.Informatika UAD.
Disebutkan untuk sukses menjadi salesman, ada 10 kunci dasar yang harus dihayati; yaitu:
1. they smile and have a sense of humour;

Suka senyum dan punya selera humor. Kalau kayak gini banyak orang yang suka. Daripada yang selalu cemberut dan pasang muka kotak kayak 'kaleng kerupuk'. (selalu latih sense of humor anda)

2. they are naturally friendly;
Supel dan mudah bergaul so pasti lah....(nah ini watak yang akan berkembang seiring meningkatnya yang nomor 1)

3. they are always polite;
Ini yang penting. bener bener penting. Kita musti bener bener menjaga adab (unggah ungguh : java) sopan itu adalah keharusan. Kalau yang jual dah maksa, lancang dll wah.. dah bubar deh acaranya.. banyak yang trauma juga nih dari sales MLM tertentu yang ambisius dapet client hehehe....(make customers comfortable)

4. they always follow-up;
Kalau ini jadi mister serba bisa dan serba ada. Istilah kata "Lu maunya gimana gw bisa, Lu minta apa gw ada". walau ntar dilempar (out sourcing hehe..) atau paling gak bisa rekomendasi ke orang lain yang dipercaya. (customers want solutions)

5. they are always well dressed;
Good looking nih.. males gak sih bareng orang yang pakaian selengean, acak acakan dan gak rapi (kayaknya gw kena nih). tapi kalau sebaliknya? minimal nyaman lah.. (appearance reflects personality)

6. they ask their customers what they want;
Karena wanita "customer" ingin dimengerti (find the customer needs)

7. they look for ways to save their customers money;
Ini nih yang bagus. Jadi salesman jangan bisanya cuma morotin duit customernya, tapi malah memberikan alternatif terbaik sesuai kebutuhan...(customers always want the best solution with the cheap price)

8. they offer an opinion or a recommendation;
Ceritanya nih jadi konsultan. (customers want solutions)

9. if they can’t help they tell the customer who can; and
"Lu tanya gw jawab. kalau gw gak tau, gw tau orang yang bisa jawab". (customers want solutions)

10. they ask for the sale.
Close the sale. Gimana caranya bisa menutup penjualan.. kemana mana bawa seling kit dong hahaha.. (dunno what the autor mean)

Tidak ada komentar: